Free Template, Anime, And Manga

Manfaat VITAMIN

Bagikan ke Teman! :


Manfaat vitamin untuk kesehatan begitu banyak. Untuk itulah kita harus banyak mengkonsumsi berbagai macam jenis vitamin untuk menunjang dan meningkatkan kesehatan serta kebugaran tubuh kita. Yang dimaksud dengan definisi arti vitamin adalah merupakan suatu zat dari senyawa kompleks yang dibutuhkan oleh tubuh kita yang bermanfaat dan berfungsi untuk membantu dalam setiap proses metabolisme dalam tubuh. Inilah yang dimaksud dengan pengertian vitamin.

Arti kata vitamin ini berasal dari bahasa latin yang terdiri dari dua suku kata yaitu vita dan amina (amine). Vita dalam bahasa latin berarti 'hidup' sedangkan amina sendiri artinya adalah sesuatu hal yang lebih mengacu kepada suatu gugus organik yang memiliki atom nitrogen (N), karena pada awalnya vitamin dianggap demikian oleh para ilmuwan.

Kegunaan vitamin ini berperan besar dalam setiap proses metabolisme tubuh. Maka bila kita manusia tidak mendapatkan asupan zat satu ini, hewan dan makhluk hidup lainnya tidak akan dapat melakukan aktifitas hidup dan kekurangan vitamin bisa menyebabkan dan meningkatkan peluang serta faktor resiko terkena penyakit pada tubuh kita. Fungsi lain vitamin yang tak kalah penting yaitu, menjaga kebugaran tubuh, menghambat proses penuaan, dan juga berfungsi untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit. Dan ini adalah merupakan bagian dari tips cara hidup sehat.


Jenis Dan Manfaat Vitamin Bagi Kesehatan

Ada banyak macam jenis vitamin yang telah kita kenal. Dan dari beraneka ragam jenis vitamin banyak mengandung unsur-unsur yang bermanfaat bagi kesehatan badan kita. Diantara jenis vitamin adalah Vitamin A, B, C, D, E dan vitamin K. Bila tubuh kita cukup dalam masukan dan tidak kekurangan zat bermanfaat ini maka vitalitas tubuh kita bisa terjaga dengan baik. Berbeda dengan tubuh yang kekurangan asupan zat ini. Karena banyak efek dampak kekurangan vitamin itu sendiri bagi badan kita.

Berikut ini adalah jenis-jenis vitamin dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh yaitu :

Vitamin A.
Dalam bahasa kesehatan disebut dengan retinol. Sumber vitamin A bisa kita dapatkan dari beragam jenis produk makanan seperti ikan, susu, sayuran yang berwarna hijau, dan jenis buah-buahan seperti wortel, pisang, pepaya. Manfaat vitamin A adalah untuk menjaga kesehatan mata (penglihatan), mencegah terjadinya infeksi, turut membantu dalam menjaga kesehatan tubuh. Ada beberapa jenis penyakit yang bisa disebabkan karena kekurangan zat ini yaitu rabun, menurunnya daya tahan tubuh, katarak, kulit menjadi kurang sehat.

Vitamin B.
Vitamin yang kedua ini terdiri dari Vitamin B1,B2,B6 dan B12. Sumber dari vitamin B ini bisa kita dapatkan dari sayuran hijau, gandum, beras, hati, daging. Kegunaan dan faedah dari vitamin B ini membantu dalam proses tumbuh kembang anak. Berperan dalam memperkuat tulang maupun gigi, meningkatkan imunitas tubuh, asupan vitamin B yang cukup dan baik akan bermanfaat bagi tubuh untuk mampu menangkal serangan virus penyakit.

Vitamin C.
Dalam dunia kesehatan dikenal dengan istilah asid askorbik (asam askorbat). Fungsi vitamin C yaitu memperkuat tulang dan gigi, sebagai pembentuk dan pengekal kalogen, menjadi antioksidan yang sangat baik bagi tubuh, menjaga dan membantu pertumbuhan serta memperbaiki jaringan yang rusak. Sumbernya bisa kita dapatkan dari produk buah-buahan terutama adalah jeruk dan juga tomat, nanas, serta sayuran segar. Kekurangan vitamin C akan bisa menyebabkan gusi berdarah, nafsu makan berkurang, dan lesu dan lemas. Berbagai jenis buah-buahan sehat untuk ibu hamil juga banyak kandungannya zat gizi ini.

Vitamin D.
Vitamin D juga merupakan salah satu jenis vitamin yang banyak ditemukan pada beragam jenis makanan hewani, contohnya ikan, telur, susu, serta produk olahannya, seperti keju. Bagian tubuh yang paling banyak dipengaruhi oleh vitamin ini adalah tulang. Zat ini dapat membantu metabolisme kalsium dan mineralisasi tulang. Sel kulit akan segera memproduksi vitamin D saat terkena cahaya matahari (sinar ultraviolet).

Penyakit dan gangguan masalah kesehatan karena kekurangan vitamin yang bisa ditimbulkan dari kekurangan ini adalah pertumbuhan gigi akan terganggu, osteomalasia pada dewasa, Pada orang tua bisa menyebabkan osteoporosis, yaitu kerapuhan tulang akibatnya berkurangnya kepadatan tulang. Untuk itulah mengapa pada bayi yang baru beberapa hari lahir diharapkan untuk di "dedeh" disinari matahari pagi. Karena manfaat bayi yang mendapat sinar matahari pagi begitu banyak untuk kesehatannya da pertumbuhan tulangnya nanti. Dengan adanya bantuan sinar matahari pagi, maka tubuh akan mampu memproduksi vitamin D.

Vitamin E.
Manfaat vitamin E untuk kesehatan antara lain adalah untuk pencegahan penyakit kulit, berguna untuk menutup luka dan mencegah / mengobati kemandulan / sulit hamil. Dan pada ibu hamil dapat berfungsi untuk mencegah keguguran. Sumber vitamin E bisa didapatkan dari hati, biji-bijian, buah, sayuran dan kacang-kacangan. Bahan vitamin ini terdapat pada mentega atau minyak samin.

Vitamin K.
Kegunaan dan faedah vitamin K ini diantaranya yaitu untuk mempercepat proses pembekuan darah saat terjadi luka pada bagian tubuh kita dan bermanfaat juga dalam rangka memperbaiki susunan pertumbuhan tulang. Banyak terdapat pada bayam dan kol, produk susu, kuning telur, serta beraneka agam jenis sayuran segar. Kekurangan vitamin K ini bisa menyebabkan darah akibat luka akan sulit atau lama untuk membeku.

Demikian tadi beberapa macam vitamin, manfaat vitamin dan sumber-sumber dari vitamin yang kesemuanya itu bermanfaat bagi kesehatan kita serta menjaga kebugaran tubuh dan menghindarkan dari bermacam-macam jenis penyakit yang bisa disebabkan karena kekurangan vitamin.

0 comments — Skip ke Kotak Komentar

Post a Comment — or Kembali ke Postingan